Oleh: nessyoctavia | 17 Februari 2009

BELAJAR BERSAMA

Belajar bersama/belajar kelompok bagi para siswa sekarang ini sudah jarang sekali dilakukan. Di lingkungan tempatku tinggal anak-anak selepas sholat magrib di mushola pasti langsung berkumpul di depan rumahku. Tepatnya dilapangan bulutangkis sampai larut. Terkadang mereka bermain apa saja yang menurut mereka menyenangkan, tidak ketinggalan kedua anakku. Sulit sekali mengajak mereka untuk belajar.

Hari minggu tgl. 15 Februari kemarin aku menyerukan kepada mereka untuk belajar bersama di rumahku tiap hari senin, rabu, jumat setelah sholat magrib. Saat itu yang ada dirumahku hampir 10 orang dengan batasan usia yang berbeda-beda. Hal ini untuk sementara aku abaikan, yang penting mereka mau dulu untuk belajar.

Hari senin ini untuk pertama kalinya aku ingin memulai mengajari mereka matematika. Waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB tapi satupun dari mereka belum ada yang datang. 10 menit kemudian salah satu dari mereka datang. Melihat di rumahku belum ada yang datang, maka dia putuskan untuk mengajak temannya yang lain. hampir 10 menit aku menunggu akhirnya mereka datang, tapi ternyata cuma lewat dan bilang bahwa mau membeli lauk untuk makan dulu.

Ada kekecewaan di dalam hatiku, dan sempat berfikir negatif bahwa tawaranku akan sia-sia. Tapi sesaat setelah  adzan isya dikumandangkan mereka datang juga. Dari 10 yang kuundang hanya datang 3 orang dan ditambah satu yaitu anakku sendiri. Aku senang sekali akhirnya mereka menyambut ajakanku. Setelah 10 menit kami mulai bertambah lagi 1 orang, 20 menit kemudian bertambah 1 orang lagi. Ku ucap Alhamdulillah ini adalah awal yang baik. Walaupun dari mereka hanya 2 orang dari mereka yang satu tingkatan, tapi tidak apalah yang penting mereka mau belajar.

100_6143 100_6142

Aku senang sekali karena ternyata mereka bersemangat, itu terlihat dari keceriaan mereka kan. Mereka saling berlomba untuk menyelesaikan pekerjaan mereka terlebih dahulu.

Ini semua ku lakukan karena terinspirasi dengan tayangan Kick Andy, yang temanya GURU PAHLAWANKU. Malu rasanya aku melihat tayangan tersebut karena aku selama ini belum berbuat apa-apa.

Apa yang sudah anda berikan untuk anak-anak kita?


Responses

  1. nice posting…
    nice spirit..
    nice action…

    keep fight …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: