Oleh: nessyoctavia | 23 Februari 2009

Adi Sang Juara dari SLB Bina Karya Insani

Para pembaca Kali ini aku bicara mewakili orang tua dari salah satu siswa di SLB Bina Karya Insani yang berlokasi di Jakarta Timur. Aku hanya perpanjangan tanggan dari orang tua Adi.Pada hari Sabtu kemarin Dia menanyakan apakah aku menonton acara kickandy yang ditayangkan pada tanggal 2 Januari 2009. Aku jawab aku lupa! Mama Adi (begitu aku memanggilnya) mengatakan mereka tampil pada acara tersebut dan hari selasa kemarin mereka juga tampil di acara Dorce Show. Aku hanya menyayangkan karena aku melewatkan kedua acara tersebut. Tapi agar tidak mengecewakan mama Adi, aku berjanji akan cari dari internet. Tapi sayangnya di http://www.kickandy.com  aku hanya mendapatkan berita di bawah ini.

Perjuangan serupa juga dilakoni oleh Ernim Ilyas. Kelahiran putra keduanya, Ferdi Ramadhan pada 1995 lalu yang divonis dokter mengidap *Down Syndrome*, dihadapinya dengan tabah. Keterbatasan Adi, panggilan akrab Ferdi, membuatnya tak mampu berkomunikasi secara verbal. Berbagai jenis terapi diberikan pada Adi. Mulai dari terapi pijat, fisioterapi hingga terapi wicara. Menurut Ernim, kehangatan kasih sayang dari orang-orang terdekatlah yang bisa membuat Adi berkembang dengan baik. Kedekatan dan dukungan kasih sayang darinya dan sang suami Hendri Johni, serta sang kakak, Gesa yang sangat bangga dan menyayangi adiknya, tidak sia-sia.

Perkembangan jasmani dan organ fisik Adi, jauh melampaui perkembangan mentalnya. Adi mampu berprestasi di sejumlah cabang olahraga khusus. Atletik, sepakbola, bulutangkis dan renang adalah olahraga favoritnya. Kini, Adi merupakan salah satu atlet *special olympic* yang telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Terakhir pada April 2008 lalu, Adi mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di cabang lompat jauh tanpa awalan, dan medali perak dari cabang sepak bola dari tim *Special Olympic*Indonesia (SoIna) di ajang Special Olympic Australia National Junior Games 2008.

Sedangkan dari Dorce Show nihil.

Mama Adi aku minta maaf karena telah melewatkan semuanya. Tapi walau bagai manapun aku tetap bangga karena anak-anak kita, para siswa SLB Bina Karya Insani bisa berprestasi. Adi, mama Alda (aku) selalu mendoakan karier dan segudang keberhasilanmu. Teruslah nak buktikan bahwa kalian adalah anak-anak special yang tetap bisa berprestasi.

100_4462

100_4487

Anak adalah anugrah, maka berilah mereka kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka sama.


Responses

  1. salam kenal bu..
    aku pgn tanya, kebetulan aku punya kakak laki2 yg juga mengidap Down Syndrome. Saat ini usianya sdh 26 tahun. Dia sebelumnya bersekolah di salah satu sekolah berasrama di daerah pamulang. di akhir mggu ia pulang ke rumah. meski demikian sekolahnya sekarang menganggap bahwa kakak sy tidak bisa lagi meneruskan sekolahnya disana, karena umurnya sudah melewati batas. terus terang kami sekeluarga jadi sedih mendengarnya. sekarang saya dan orangtua saya sedang berusaha mencarikan sekolah yang baru, jika bisa yg berasrama, dengan pertimbangan agar ia dapat bersosialisasi dgn teman2nya. kakak saya ini suka marah klo terlalu lama di diam di rumah…
    saya ingin tahu lebih banyak ttg sekolah bina karya insani bu, apakah ada fasilitas asrama juga? jika tidak, apakah ibu punya informasi ttg slb berasrama di sekitar jakarta?
    terima kasih banyak bu…mohon PM ke email saya jika ibu berkenan.

  2. oh ya email saya poetz70@yahoo.com bu…terima kasih.

  3. Selamat malam ibu, saya memiliki seorang keponakan berusia 5 tahun.keponakan saya ini tidak mendengar dan tidak bisa berbicara sejak bayi.yang saya mau tanyakan apakah sekolah bina karya insani berasrama ibu?jika tidak, apakah ibu punya informasi ttg slb berasrama di sekitar jakarta?.
    terimakasih banyak bu,

  4. Selamat pagi ibu.Saya juga ingin menanyakan ttg SLB ini pakah ada asramanya atau tidak. dan tolong berikan info kpd saya ttg SLB yg berasrama di DKI dan skitarnya y bu.trimakasih sbelumnya.mohon di repp pesan saya ini.bisa di email saya missyoury_light@yahoo.co.id mohon bantuannya ibu.trimakasih:)

  5. selamat malam,,,mohon informasi tentang SLB C yg berasrama d daerah jakarta? terima kasih.mohon bantuannya ibu


Tinggalkan Balasan

Kategori

