Oleh: nessyoctavia | 23 Februari 2009

MENDISIPLINKAN ANAK DIDIK

100_6159

Sepertinya sekarang ini sulit sekali untuk mendisipilkan siswa. Sebenarnya apakah yang sedang terjadi? Kedisiplinan tersebut sulit diterapkan disekolahku saja atau di tempat lain juga demikian. Apakah sebenarnya penyebab semua ini?

Hari jumat yang lalu, ada rekanku yang terlambat datang, mungkin karena ada hambatan! Aku prihatin melihat siswa kelas 3 atau kelas IX yang mondar-mandir ke perpustakaan. Lalu ku tanya pelajaran siapa? mereka menjawab hampir bersamaan gak ada guru bu! Lalu ku tanya lagi Siapa? Lalu mereka menyebutkan nama salah seorang temanku. Tidak lama berselang mereka yang hampir sekelas mengunjungi perpustakaan dipanggil oleh guru piket. Setelah itu mereka semua satu kelas berjongkok dilapangan sekolah sambil memegang buku dan pena. Rupanya mereka di hukum oleh guru piket. Hal ini memang masih sering terjadi di sekolahku. Tapi pada kenyataannya hal tersebut tidak menimbulkan efek jera pada mereka. Coba saja lihat pada gambar di bawah ini mereka masih bisa tertawa.

Aku kemudian berfikir, masih pantaskah sanksi yang di berikan oleh guru kepada mereka, yang ternyata mereka menanggapinya dengan canda di dalam menjalani sanksi tersebut. Salahkan mereka pergi ke perpustakaan? Walaupun aku sendiri tahu bahwa tidak semua dari mereka ingin membaca di perpustakaan. Ini hanyalah salah satu alasan mereka untuk mengisi waktu yang disebabkan kekosongan jam pelajaran.

Mungkin memang sudah seharusnya sanksi tersebut diubah dengan cara yang lain, misalnya dengan pendekatan dari hati ke hati baik siswa mau pun guru yang bertanggung jawab pada jam pelajarannya. Dengan dialog diharapkan kita sebagai tenaga pengajar bisa tahu apa yang mereka inginkan. Ayolah teman-teman seprofesi segeralah kita menyadari tanggungj awab kita. Walau bagaimanapun hal tersebut bukanlah mutlak kesalahan mereka. Seandainya saja temanku itu tidak memiliki keperluan, pastilah mereka tidak harus menjalani hukuman tersebut. Ayolah anak-anakku manfaatkan waktu yang kau miliki Sebentar lagi UAN. Dimana kalian akan diuji tentang pelajaran. Diharapkan hasilnya ujiannya adalah yang terbaik.

 

Selain lulus kalian diharapkan bisa disiplin. karena itu dibutuhkan nanti saat kali bekerja di industri.

 

Ya Allah Bimbinglah anak-anakku agar dapat menyelesaikan ujiannya dengan nilai yang maksimal.


Responses

  1. kalau ngasih treatmentnya rame2 mereka mah malah menikmatinya pak….
    efek jera kecil kemungkinan tercapai.

  2. saya jg berharap agar saya lulus . . .
    tp ibu jgn pts asa menghadapi skap murid yg tdk disiplin.
    klo mnurut saya buu . . .
    ke inginan saya sama sperti hal yg di ingn kan oleh ibu,menjadi siswa yg disiplin,patuh dan mnjdi orang sukses.

    saya ingin bercoment dgn ibu,,
    3 mo 3 sbnarnya murid yg pintar bu,cman dya ga bsa mnjaga skap nya msing2 , , , , saya sbg murid 33 merasa klo kls saya kls yg bruk,ttp saya tdk merasa seperti itu, , krna saya msih pnya keinginan utk bljar & menjadi orng yg berguna bgi kluarga saya & smua na,wlaupun skap saya kurang baik di mata guru2. .
    heheheheheheh . . . .

    & saya prwakilan dr kls 3mo3 , saya mhon maaf ats skap murid kls 33
    & saya jg btuh dkungan dan doanya agr smua murid smk jaya lulus dgn hsl yg memuaskan.

    “JGN PNTANG MENYERAH UTK MENGHADAPI SESUATU,KRNA DI BALIK SESUATU ITU PST DA HIKMAHNYA”

    ngomonk2 bocoran na ada ga buuuu.
    hahahahahahaha

    3 MO 3 MUST ALL THE BESTTTTTTTT . . . .

  3. yaa… ko,ibu gt…ciwh !!! ktanya pngen ank2nya lu2s….hehehe…..
    oy…. buu… gmn ciwh …cra blajar gampang….buu… ‘n” mudah mengerty gtu…hehe…

  4. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Kategori

