Oleh: nessyoctavia | 27 Februari 2009

TALENTA ANAK PENYANDANG CACAT

Seusai menonton acara http://www.kickandy.com/ langsung semangat lagi buat posting. Karena tema yang di tayangkan senantiasa berkaitan dengan lingkunganku. Pada  tanggal 2 Januari 2009 lalu aku ketinggalan melihat penampilan Adi salah satu bintang tamu diacara tersebut. Tapi terasa terobati dengan tayangan kali ini karena tema yang disajikan pun sama. Yaitu mengenai bakat-bakat yang sangat luar biasa dari anak-anak yang luar biasa pula. Mengingat putriku pun salah satu dari mereka.

Allah memang Maha Adil

Betapa tidak, coba saja simak sajian dari acara tersebut.

2009_02_22_04_13_45_web1 

Ciptono, adalah seorang guru yang menjadi pahlawan bagi para murid penyandang cacat. Baginya tidak ada kata menyerah. Ini dilakukan terutama dalam memotivasi anak-anak didiknya yang tidak biasa alias berkebutuhan khusus. Pria paruh baya ini dikenal luas sebagai pelatih khusus bagi murid-murid terutama yang mendapat karunia Tuhan tidak seperti orang normal. Di sekolah Luar Biasa Negeri Semarang, Ciptono melatih bakat para tuna rungu, tuna grahita dan autis hingga mereka berprestasi. Tidak tanggung-tanggung anak-anak didiknya mempersembahkan 6 rekor muri.

Contohnya adalah Muchtar Abas Foto atas yang pertama dan ke dua. Walau tuna rungu, kemahiran Abas dalam berpantomim sungguh luar biasa. Dengan mimiknya yang ekspresif pemuda berusia 20 tahun ini berpantomim bercerita mengenai kehidupan sehari-hari. Melalui gerakan tangan dan kakinya, ia berusaha menyampaikan pesan kepada khalayak. Hingga saat ini Abas telah berpantomim menghibur penonton dari mal satu ke mal yang lain. Abas adalah salah satu murid Sekolah Luar Biasa Semarang asuhan Ciptono. Menurut Ciptono, di sekolah, Abas tidak hanya belajar pantomim saja, melainkan juga diberikan bekal keterampilan lain seperti otomotif.

Lain lagi halnya Delly Meladi Foto atas yang ketiga. Walau tidak bisa melihat alias tuna netra tidaklah membuat patah semangat. Justru dengan kekurangannya itu, Delly mengasah bakatnya di bidang tarik suara. Suara Delly memang merdu. Tak heran hingga saat ini Delly setiap malamnya selalu menghibur para pengunjung kafe dan rumah makan di kota Semarang. Yang lebih fantatis lagi, ternyata Delly juga mampu menghafal sebanyak 650 buah lagu. Uniknya lagu yang dihafal bukan lagu dari Indonesia saja melainkan lagu dari mancanegara seperti, Jepang, Arab, India hingga Perancis. Kehebatan inilah yang membuat Delly mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia beberapa waktu lalu.

Sementara kelebihan Andi Wibowo lain lagi. Pemuda yang akrab disapa Bowo ini adalah tuna grahita atau menderita keterbelakangan mental alias down syndrome. Namun demikian ketidaksempurnaannya bukan halangan meraih prestasi terutama dalam melukis. Tidak seperti pelukis umumnya yang melukis obyek dengan satu tangan. Bowo melukis dengan kedua tangannya dan melukis dua obyek sekaligus secara bersamaan. Bowo menyenangi binatang sebagai obyek lukisannya. Melalui guratan tangannya binatang-binatang seperti harimau, kucing, ayam dan lainya seolah hidup di atas kanvas yang dilukis Bowo.

Daya ingat yang kuat ternyata menjadi andalan Kharisma Rizki. Bocah yang masih berusia 10 tahun ini mampu menghafal sekitar 250 lagu. Tidak hanya itu, kelebihan Kharisma yang lain adalah mampu menirukan sejumlah orang atau tokoh yang sedang berpidato. Dalam menirukan pidato itu, Kharisma hafal hingga titik dan komanya. Yang membuat orang semakin berdecak kagum, ternyata ia adalah penderita autisme. Bakat bocah ini memang ditemukan salah satu guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Kharisma yang autis memang dikenal tidak bisa diam. Begitu pula ketika sedang mengikuti pelajaran di sekolah. “Ia sering menyanyi dan tangannya sambil memukul-mukul meja, layaknya orang bermain drum” ujar Ciptono Sang Kepala Sekolah. Dari situlah kemudian Kharisma mendapat bimbingan tarik suara dan pidato.

Menurut Ciptono, setiap manusia itu ada kelebihannya disamping kekurangannya. Ia yang sudah puluhan tahun menggeluti profesi sebagai pembimbing anak berkebutuhan khusus ini tahu betul. Melalui pengamatan dan kesabaran, anak yang dikaruniai ketidak-sempurnaan akan muncul kelebihan-kelebihan yang perlu dipoles dan dilatih. Dengan demikian si anak akan mempunyai keterampilan yang tidak kalah dengan anak normal sebagai bekal kelak. (end)

Inilah kelebihan dan kekurangan yang Allah berikan kepada manusia.

Sudahkan kita mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita?

Sudahkah Kita memberi kesempatan yang sama kepada mereka yang memiliki kebutuhan khusus?

Sudah pernahkah kita berprestasi seperti mereka?

http://kickandy.com

About these ads

Responses

  1. Iyah iyah saya juga trenyuh ketika melihat acaranya pada tanggal 2 Januari yang lalu..

    Swecara, mereka adalah bidang yang akan saya tangani saat lulus nanti..

    Salam hangat Bocahbancar untuk kemajuan kesejahteraan rakyat Indonesia…

  2. setiap manusia memang punya kelemahan dan kekurangan masing2 ya mbak…:)

  3. jadi inget tulisan saya di http://ibsn.web.id yang jdulnya ketika belenggu fisik tak mampu membatasi kekuatan jiwa :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: