Oleh: nessyoctavia | 26 Juni 2009

Planet Nibiru, Benarkah prediksinya…?????

Planet Nibiru Penyebab Kiamat 2012?

Bagian luar Tata Surya masih memiliki banyak planet-planet minor yang belum ditemukan. Sejak pencarian untuk Planet X dimulai pada awal abad ke 20, kemungkinan akan adanya planet hipotetis yang mengorbit Matahari dibalik Sabuk Kuiper telah membakar teori-teori Kiamat dan spekulasi bahwa Planet X sebenarnya merupakan saudara Matahari kita yang telah lama “hilang”.

Tetapi mengapa cemas duluan akan Planet X/Teori Kiamat ini? Planet X tidak lain hanya merupakan obyek hipotetis yang tidak diketahui?

Teori-teori ini didorong pula dengan adanya ramalan suku Maya akan kiamat dunia pada tahun 2012 (Mayan Prophecy) dan cerita mistis Bangsa Sumeria tentang Planet Nibiru, dan akhirnya kini memanas sebagai “ramalan kiamat” 21 Desember 2012. Namun, bukti-bukti astronomis yang digunakan untuk teori-teori ini benar-benar melenceng.

Pada 18 Juni kemarin, peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya kita telah membuahkan hasil. Dari perhitungan mereka, mungkin saja terdapat sebuah planet yang sedikit lebih besar daripada sebuah obyek Plutoid atau planet kerdil, tetapi tentu lebih kecil dari Bumi, yang mengorbit Matahari dengan jarak lebih dari 100 SA. Tetapi sebelum kita terhanyut pada penemuan ini, planet ini bukan Nibiru, dan bukan pula bukti akan berakhirnya dunia ini pada 2012. Penemuan ini penemuan baru dan merupakan perkembangan yang sangat menarik dalam pencarian planet-planet minor dibalik Sabuk Kuiper.

Dalam simulasi teoretis, dua orang peneliti Jepang telah menyimpulkan bahwa bagian paling luar dari Tata Surya kita mungkin mengandung planet yang belum ditemukan. Patryk Lykawa dan Tadashi Mukai dari Universitas Kobe telah mempublikasikan paper mereka dalam Astrophysical Journal yang menjelaskan tentang planet minor yang mereka yakini berinteraksi dengan Sabuk Kuiper yang misterius itu.

Kuiper Belt Objects (KBOs)

Sabuk Kuiper menempati wilayah yang sangat luas di Tata Surya kita, kira-kira 30-50 SA dari Matahari, dan mengandung sejumlah besar obyek-obyek batuan dan metalik. Obyek terbesar yang diketahui adalah planet kerdil (Plutoid) Eris. Telah lama diketahui bahwa Sabuk Kuiper memiliki karakteristik yang aneh, yang mungkin menandakan keberadaan sebuah benda (planet) besar yang mengorbit Matahari dibalik Sabuk Kuiper. Salah satu karakterikstik tersebut adalah yang disebut dengan “Kuiper Cliff” atau Jurang Kuiper yang terdapat pada jarak 50 SA. Ini merupakan akhir dari Sabuk Kuiper yang tiba-tiba, dan sangat sedikit obyek Sabuk Kuiper yang telah teramati dibalik titik ini. Jurang ini tidak dapat dihubungkan terhadap resonansi orbital dengan planet-planet masif seperti Neptunus, dan tampaknya tidak terjadi kesalahan (error) pengamatan. Banyak ahli astronomi percaya bahwa akhir yang tiba-tiba dalam populasi Sabuk Kuiper tersebut dapat disebabkan oleh planet yang belum ditemukan, yang mungkin sebesar Bumi. Obyek inilah yang diyakini Lykawka dan Mukai telah mereka perhitungkan keberadaannya.

Planet-planet dalam susunan tatasurya

Peneliti Jepang ini memprediksikan sebuah obyek besar, yang massanya 30-70 % massa Bumi, mengorbit Matahari pada jarak 100-200 SA. Obyek ini mungkin juga dapat membantu menjelaskan mengapa sebagian obyek Sabuk Kuiper dan obyek Trans-Neptunian (TNO) memiliki beberapa karakteristik orbital yang aneh, contohnya Sedna.

Sejak ditemukannya Pluto pada tahun 1930, para astronom telah mencari obyek lain yang lebih masif, yang dapat menjelaskan gangguan orbital yang diamati pada orbit Neptunus dan Uranus. Pencarian ini dikenal sebagai “Pencarian Planet X”, yang diartikan secara harfiah sebagai “pencarian planet yang belum teridentifikasi”. Pada tahun 1980an gangguan orbital ini dianggap sebagai kesalahan (error) pengamatan. Oleh karena itu, pencarian ilmiah akan Planet X dewasa ini adalah pencarian untuk obyek Sabuk Kuiper yang besar atau pencarian planet minor. Meskipun Planet X mungkin tidak akan sebesar massa Bumi, para peneliti masih akan tetap tertarik untuk mencari obyek-obyek Kuiper lain, yang mungkin seukuran Plutoid, mungkin juga sedikit lebih besar, tetapi tidak terlalu besar.

“The interesting thing for me is the suggestion of the kinds of very interesting objects that may yet await discovery in the outer solar system. We are still scratching the edges of that region of the solar system, and I expect many surprises await us with the future deeper surveys.” – Mark Sykes, Direktur Planetary Science Institute (PSI) di Arizona.

Planet X tidaklah menakutkan

Jadi darimana Nibiru ini berasal? Pada tahun 1976 sebuah buku kontroversial berjudul “The Twelfth Planet” atau “Planet Keduabelas” ditulis oleh Zecharian Sitchin. Sitchin telah menerjemahkan tulisan-tulisan kuno Sumeria yang berbentuk baji (bentuk tulisan yang diketahui paling kuno). Tulisan berumur 6000 tahun ini mengungkapkan bahwa ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki dari Planet yang disebut Nibiru, mendarat di Bumi. Ringkas cerita, Anunnaki memodifikasi gen primata di Bumi untuk menciptakan homo sapien sebagai budak mereka.

Illustrasi Terjadinya Impact

Ketika Anunnaki meninggalkan Bumi, mereka membiarkan kita memerintah Bumi ini hingga saatnya mereka kembali nanti. Semua ini mungkin tampak sedikit fantastis, dan mungkin juga sedikit terlalu detil jika mengingat semua ini merupakan terjemahan harfiah dari tulisan kuno berumur 6000 tahun. Pekerjaan Sitchin ini telah diabaikan oleh komunitas ilmiah sebagaimana metode interpretasinya dianggap imajinatif. Meskipun demikian, banyak juga yang mendengar Sitchin, dan meyakini bahwa Nibiru (dengan orbitnya yang sangat eksentrik dalam mengelilingi Matahari) akan kembali, mungkin pada tahun 2012 untuk menyebabkan semua kehancuran dan terror-teror di Bumi ini. Dari “penemuan” astronomis yang meragukan inilah hipotesa Kiamat 2012 Planet X didasarkan. Lalu, bagaimanakah Planet X dianggap sebagai perwujudan dari Nibiru?

Kemudian terdapat juga “penemuan katai coklat di luar Tata Surya kita” dari IRAS pada tahun 1984 dan “pengumuman NASA akan planet bermassa 4-8 massa Bumi yang sedang menuju Bumi” pada tahun 1933. Para pendukung hipotesa kiamat ini bergantung pada penemuan astronomis ini sebagai bukti bahwa Nibiru sebenarnya adalah Planet X yang telah lama dicari para astronom selama abad ini. Tidak hanya itu, dengan memanipulasi fakta-fakta tentang penelitian-penelitian ilmiah, mereka “membuktikan” bahwa Nibiru sedang menuju kita (Bumi), dan pada tahun 2012, benda masif ini akan memasuki bagian dalam Tata Surya kita, menyebabkan gangguan gravitasi.

Dalam pendefinisian yang paling murni, Planet X adalah planet yang belum diketahui, yang mungkin secara teoretis mengorbit Matahari jauh di balik Sabuk Kuiper. Jika penemuan beberapa hari lalu memang akhirnya mengarah pada pengamatan sebuah planet atau Plutoid, maka hal ini akan menjadi penemuan luar biasa yang membantu kita memahami evolusi dan karakteristik misterius bagian luar Tata Surya kita.


Responses

  1. apakah yg akn trjdi pd 2012 kta smua gk ada yg taw,kita serahkan smua ini pada sang pencipta & alam semesta unt menjwab apa yg akn trjdi pd 2012 nanti…………
    trima kasih.

  2. impact

  3. suBhanaLLah!!!!
    seRahkan semuanya pada ALLAH!!!
    ALLAH maha segala-galanya……….

  4. inalillahi wa inalillahi rajiun……………..

  5. ”Kalau kita tidak berjaga, planet Bumi akan hancur secara alamiah karena sekarang sudah jauh dari seimbang,” aku gak peduli dari latar belakang kepercayaan apa kita sekarang.. tetapi bagaimana kita hidup melakukan yang terbaik menjelang masa pemurnian yang sekarang mungkin sudah terjadi. GBU n save u

  6. percaya ga percaya..kita serahkan kepada Allah SWT.
    hanya allah maha mengetahui apa yg akan terjadi di tahun 2012 nanti..
    Allahhu Akbar…

  7. Belfamz…
    thx dah mau mampir
    satu hal yang harus selalu kita ingat, bahwa hanya Allah yang harus kita percayai………

  8. wallahua’lam….hanya ALLAh yg tHu, jD qT sbG manusia hNY bzA menerima’y saja… yg pNTng Qt sDH mempunyaI bekAL unTK MnghDP sanG KHALIK… ALLAHUAKBAR

  9. qt cie sbG mnsia hnY bysA MeNERa;y aja krn di dlM Al;quran sDH diJELasKn bHWA KIAMAT akaN dTNG…………….OK…

  10. waduh jngan ngigau deh lu??????
    gue blun kawin neh

  11. benarkah akan ada kiamat 2012?

  12. kiamat atw bukan, gak ada salahnya kalo kita semua lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

  13. woi..
    anak2 bapa2..
    mumpung da maw kiamat..
    bagi yg belon rasaain kawin kawin dolo sana..
    nyobainnn..
    d alam sono da ga bole soalnya..

  14. semua persentasi itu semua nya bohong hanya ALLAH SWT yg tau kapan terjadi Kiamat

  15. waduh…. waduh…. tidak ada komentar yg bisa saya ucapkan!!!
    saya ikut aja deh sama yang benar…. :D

  16. sungguh besar kuasanya hingga manusia tak ada yang tau kapan mereka aka meninggalkan dunia ini …

  17. klo memang ada 12 planet kok aku n dak dikasih tau

  18. takde yang tak mungkin,….kalau saye cakap pasal pesawat yang saye nampak kemaren malam,…klean pasti cakap saye ni gileee…..!!but its real……..saye nampak pesawat terbang kat atas awan……hahahhaahhhaaaaaaa(air asia lewat laaaah)….eet….ni tulisan ok kok,…gw ikut ya…..

  19. jangankan thn 2012 akan terjadi kiamat, klu allah swt sdh berkehendak sekarang inipun juga bisa kiamat. Semua allah swt yg atur sedemikian baiknya, krn itu qt pasrahkan semuanya

  20. aduh…

    kita harus prcykan kpd yesus smua hidup kita
    walaupun ada palnet baru…(kiamat2012)
    percykan bhawa smua yg yesus brikan adalah yg terbaik buat kita smua…

    blum tentu da kiamat di th 2012…
    mungkin aja bsoq…

    tak ada manusia yg bisa mengetahui harix kiamat.
    karna kita hx manusia biasa . . .
    yg dibri tuhan kmampuan dan menhembangkan bakat dan tuhan mmberikan kita tuh hidup…

    jdi bertobatlah mulai skarang sblm dunia ini brakhir^^

  21. yg penting kita berserah diri pd yg kuasa, apapun yg terjadi

  22. kita gak tau kapan kiamat akan datang. yg penting kita harus selalu berbuat baik, kt g usah terganggu akan taunya klu ada planet ke 12. itu mah urusan orgpinter, and allah yg tau. yg penting jalani hidup sesuai norma norma yg ada. titik

  23. Ah..jgn percaya dg angka keramat 2012. Semua penyebar isu itu kandas dan tdk pernah terbukti. Tp yg namanya bencana gempa, tsunami, wabah penyakit itu yg harus kita hadapi….

  24. woow saya sangatlah tertarik dan sngat hoby tentang tatasurya apalgi tenta hal yag masi blum trungkap smpai saat in…..yaitu tentang planet x dan kehncuran bumi ato mnusia yang danggap sbagai benih budak dri planet niberu yaitu planet yang akan mndekati bumi dan akan mngambil kmbli bumi qta strusnya apakah yang akan terjadiiiiiiiii saya mnggu pra astronomi mmbri kabar saya pngin sekali trlibat dalam misi luarangkasa sya siap nyawa taruhannya ok…………

  25. terkadang manusia merasa lebih pintar dari tuhannya sampai2 mengklaim waktu terjadinya kiamat, bukankah sudah diterangkan tidak ada seorangpun yang mengetahui apa yang akan terjadi hari esok, begitu jga maut serta terjadinya kiamat.

  26. gilee,,, mcam mna ad planet ke 12..? nma planet bru yg sma persis kyk nma adek gue… hahahaa…
    nibiru surya…..

  27. asik kiamat

  28. Sekarang sudah tahun 2012, sepertinya semua orang baik – baik saja dan tidak panik dengan rumor ini.
    Walaupun pada akhirnya planet X ini ada dan jadi menabrak bumi, ini bukanlah kiamat tapi sebuah bencana alam seperti layaknya bencana tsunami, gempa dan lainnya yang tentu saja menelan korban
    Perkuat iman kita selagi masih ada waktu dengan demikian bencana apapun akan terasa ringan bila kita telah memiliki pegangan hidup.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: